Kata Ahok soal Aktor Politik Tunggangi Aksi 4 November - Kompas.com

Kata Ahok soal Aktor Politik Tunggangi Aksi 4 November

Jessi Carina
Kompas.com - 05/11/2016, 21:44 WIB
Kompas TV Jokowi: Kerusuhan Usai Demo 4 November Ditunggangi Aktor Politik

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyiratkan persetujuan atas pendapat Presiden Jokowi yang menyebut aksi demo kemarin ditunggangi aktor politik. Sebab, aksi itu berakhir ricuh meski tokoh ulama sudah menjaga untuk tetap kondusif.

"Presiden sudah sampaikan ini ada aktor politik di belakang ini. Kan ulama-ulama sudah kita lihat mendorong jangan terjadi (keributan)," ujar Basuki atau Ahok di Jalan Ki Mangun Sarkoro, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11/2016).

Meski demikian, Ahok tidak tahu siapa aktor politik di balik aksi itu. Dia hanya mendengar pernyataan Jokowi yang menggelar konferensi pers pada Jumat malam.

Dia juga tidak tahu apakah aktor politik itu bermaksud menyingkirkan dia dalam Pilkada DKI 2017 atau bahkan untuk menyerang Jokowi dalam Pilpres 2019 nanti. Hal yang pasti, kata Ahok, kericuhan dalam aksi kemarin tidak baik.

"Yang jelas bagi saya ini enggak sesuai," ujar Ahok.

Presiden Joko Widodo menuding kerusuhan yang terjadi di Jakarta pada Jumat (4/11/2016) malam didalangi aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi.

"Kita menyesalkan kejadian ba'da Isya yang harusnya sudah bubar tapi menjadi rusuh. Dan ini sudah ditunggangi aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi," kata Jokowi.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisJessi Carina
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM