Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Lebaran, Ragunan Cetak 1 Juta Tiket

Kompas.com - 14/09/2008, 07:30 WIB

JAKARTA, SABTU - Menyambut libur Lebaran 1428 Hijiriah, kebun binatang Ragunan Jakarta mempersiapkan 1 juta tiket masuk untuk pengunjung. Tiket dijual dengan harga normal, untuk dewasa Rp 4.000 dan untuk anak-anak Rp 3.000. Diharapkan, tiket tersebut akan habis terjual selama 10 hari sepanjang masa libur Lebaran.

"Libur lebaran tahun lalu pengunjung Ragunan mencapai 900 ribu orang. Mudah-mudahan tahun ini bertambah," kata Staf Promosi kebun binatang Ragunan Wahyudi Bambang, di kebun binatang ragunan, Jakarta, Sabtu (13/9).

Biasanya, kata Bambang, pada akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu pengunjung Ragunan mencapai 20-50 ribu pengunjung tiap harinya. Menjelang H-10 Lebaran hingga H+7 Lebaran jumlah pengunjung naik hingga 100 ribu pengunjung tiap hari.

Untuk mengantisipasi lonjakan animo pengunjung, kebun binatang Ragunan akan meningkatkan tingkat kemanan dan penjagaan yang dibantu oleh aparat kepolisian dari Polsek Pasar Minggu sebanyak 150 personil. Aparat kepolisian bertugas untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas dari jalan Raya Warung Buncit menuju Ragunan.

Selain itu, penjagaan dilakukan di tiga pintu masuk dan di beberapa titik lokasi di dalam area kebun binatang, aparat akan berjaga dengan menggunakan pakaian preman. "Ini cukup efektif untuk mengantisipasi tingkat kejahatan," kata Bambang.

Setiap tahunnya, saat libur Lebaran kebun binatang Ragunan ramai dikunjungi. Bambang mengakui, sebagian besar pengunjung datang dari daerah Jabodetabekjur, Jawa tengah, dan Cirebon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com