Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekasi Waspada DBD

Kompas.com - 13/03/2009, 18:39 WIB

BEKASI, KOMPAS.com — Kota Bekasi kini masuk tahap waspada demam berdarah dengue (DBD). Sejak Januari sampai pekan kedua Maret ini, penderita mencapai 991 orang, enam di antaranya meninggal.

Data Dinas Kesehatan Kota Bekasi menyebutkan, penderita DBD selama Januari sebanyak 292 orang. Pada Februari, jumlahnya melonjak hampir dua kali lebih banyak, mencapai 536 orang. Mulai awal Maret sampai Kamis (12/3), jumlah penderita DBD di Kota Bekasi sudah mencapai 163 orang.

Jumlah itu lebih tinggi dibanding periode Januari sampai Maret 2008. Secara kumulatif, kasus DBD dalam triwulan pertama 2009 sebanyak 863 kasus. Peningkatan kasus DBD terjadi pada bulan Februari.

"Kota Bekasi sudah berada pada tahap waspada DBD," kata Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bekasi Laniwati Setiadi, Jumat (13/3) siang.

Di tempat terpisah, Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad mengatakan, Pemerintah Kota Bekasi akan terus menggencarkan upaya pencegahan DBD, antara lain dengan gerakan kebersihan dan pemberantasan sarang nyamuk secara rutin.

Upaya preventif, kata Mochtar, akan terus digalakkan dan dengan melibatkan masyarakat. "Saya mengimbau rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta di Kota Bekasi agar jangan pernah menolak pasien DBD dari gakin (keluarga miskin)," ujar Mochtar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com