Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Bom Bunuh Diri di JW Marriott Mungkin Orang Asing

Kompas.com - 22/07/2009, 15:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil rekonstruksi dan sketsa wajah pelaku bom bunuh diri di Hotel JW Marriott, Jumat (17/7), oleh tim Disaster Victim Identification Markas Besar Polri semakin memperkuat dugaan bahwa pelaku pengeboman adalah orang asing. Seperti diberitakan, salah satu ciri pelaku adalah memiliki tinggi badan sekitar 180-190 cm dan berusia 16-17 tahun.

Pakar hubungan internasional Universitas Parahyangan Prof Anak Agung Banyu Perwita mengatakan hal serupa. Namun, Perwita mengatakan, terlalu dini jika ciri fisik pelaku langsung dikaitkan dengan kelompok terorisme Al Qaeda.

"Ada banyak kemungkinan pelaku. Orang-orang Asia Tengah juga memiliki ciri fisik ukuran badan yang tinggi," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (22/7) di Jakarta.

Sebelumnya, hasil pemeriksaan polisi terhadap DNA dua pelaku dengan keluarga Nur Hasbi di Temanggung dan Ibrahim di Kuningan, Jawa Barat, ternyata tidak sama. Kadiv Humas Irjen Pol Nanan Sukarna mengatakan, pihaknya kini terus menggali identitas pelaku Bom Kuningan tersebut.

Perwita mengatakan, pelaku bom mungkin berhubungan dengan kasus melonjaknya arus imigran dari Pakistan dan suatu negara di Timur Tengah. Hal ini sesuai dengan data yang dilansir Kabag Humas Direktorat Imigrasi Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Barimbing Maroloan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com