Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah... Pegadaian Buka Gerai di Mal

Kompas.com - 27/08/2009, 20:38 WIB

BEKASI, KOMPAS.com — Untuk meningkatkan pelayanan, selama bulan Ramadhan 1430 H ini Pegadaian Kota Bekasi membuka dua gerai di Grand Mall dan Mega Bekasi Hypermall selama Ramadhan 1430 H.

Kepala Cabang Pegadaian Kota Bekasi Djuri MM, Kamis (27/8), mengatakan, selama Ramadhan ini permintaan pinjaman kredit untuk keperluan membuka usaha ataupun ber-Lebaran meningkat tajam hingga diperlukan perluasan layanan hingga ke mal.

"Di mall, masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dan sekaligus membeli kebutuhan sehari-hari hingga dinilai lebih efisien dan makin mendekatkan pelayanan," ujarnya.

Sejak dibukanya dua gerai itu, permintaan pinjaman dari masyarakat cukup banyak dengan nilai bervariasi ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta, sedangkan barang yang dijadikan agunan terbanyak berupa emas dan diikuti elektronik.

Dua gerai di mal itu akan dipertahankan keberadaannya pasca-Ramadhan dan bahkan bila transaksi meningkat ada kemungkinan di mal lain akan dibuka gerai serupa. Dibanding tahun 2008, terjadi peningkatan layanan cukup banyak dilakukan Pegadaian Kota Bekasi. Kalau sebelumnya hanya ada lima cabang, sekarang menjadi enam cabang dan telah dibuka sebanyak 26 gerai baru.

Djuri mengatakan, di seluruh cabang dan kantor permintaan pinjaman mencapai Rp 800 juta per hari selama bulan Ramadhan 1430.

Masyarakat yang meminjam menjelang Ramadhan kebanyakan warga yang berkeinginan membuka usaha kuliner dan minuman bagi warga yang berpuasa dan mereka meminjam selama satu bulan atau dikembalikan menjelang datangnya Idul Fitri 1430 H.

Pada pertengahan Ramadhan biasanya pinjaman didominasi warga untuk keperluan ber-Lebaran, mulai untuk pembelian pakaian dan persiapan Lebaran hingga biaya mudik.

Selama Ramadhan, Kantor Pegadaian Kota Bekasi menyiapkan dana Rp 30 miliar untuk dipinjamkan kepada warga yang memerlukan sesuai agunan yang diserahkan dengan tingkat suku bunga pinjaman bervariasi mulai 1,25 persen per dua minggu hingga 1,75 persen per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com