Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apindo Imbau Pekerja Tak Turun ke Jalan

Kompas.com - 01/05/2010, 07:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Aspindo) mengimbau kepada seluruh pekerja di seluruh Indonesia agar tidak turun ke jalan saat memperingati hari buruh sedunia atau biasa disebut May Day, Sabtu (1/5/2010). Perusahaan diimbau dapat memfasilitasi para pekerja untuk memperingati Hari Buruh di dalam lingkungan perusahaan agar tidak mengganggu proses produksi.

"Lebih baik pekerja berkumpul di dalam perusahaan, bersilaturahmi, membicarakan secara internal," ucap Ketua Umum Apindo sementara, Suriyadi Sasmita, di Jakarta, Kamis (29/4/2010).

Suriyadi menjelaskan, imbauan itu telah disampaikan oleh pihaknya kepada 13.000 perusahaan di seluruh Indonesia yang menjadi anggota Apindo serta kepada serikat pekerja masing-masing perusahaan melalui surat.

Imbauan itu, kata dia, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat aksi turun ke jalan. "Biasanya demo besar-besaran akan ditunggangi pihak-pihak tak beranggung jawab, merusak, sehingga membuat image buruk. Lebih baik bicarakan, maunya apa, sampaikan ke pemerintah. Demo tidak bisa menyejahterakan rakyat," ujarnya.

Namun, kata Suriyadi, kemungkinan aksi May Day tahun ini tidak akan mengganggu aktivitas perusahaan karena hari Sabtu mayoritas perusahaan tidak melakukan aktivitas. "May Day tahun lalu saja kerugian perusahaan hanya di bawah lima persen," kata dia.

Jika ada pekerja yang seharusnya masuk 1 Mei mendatang namun mangkir dengan turun ke jalan, tambahnya, hal itu menjadi kewenangan perusahaan masing-masing untuk memberikan sanksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com