Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawat berduri dan 9 Water Canon di DPR

Kompas.com - 01/05/2010, 09:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan aparat dari kepolisian menggelar apel gabungan di lapangan parkir Gedung MPR/DPR, Sabtu (1/5/2010). Apel tersebut untuk menyambut unjuk rasa para buruh yang akan dipusatkan di depan komplek gedung rakyat itu.

Apel akbar dipimpin oleh Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda Metro Jaya, Kombes Syahri Gunawan. Dihadiri oleh sekitar 1.775 aparat dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat, Polres Tanah Abang, Polsek Johar Baru, TNI dan Pengamanan Dalam MPR/DPR.

Jumlah itu diharapkan bisa mengimbangi perkiraan massa, yaitu sekitar 25.000 orang. Mereka akan tumpah di depan Gedung MPR/DPR. Menurut data di pos pengamanan, sekitar 634 aparat berasal dari Brimob Mabes Polri, 722 aparat dari Polda Metro Jaya, 1.573 aparat dari gabungan Polres dan Polsek. Sejumlah 202 aparat TNI akan berjaga di bagian belakang gedung dewan.

Hingga berita ini diturunkan, berbagai persiapan masih dilakukan. Tampak pula, sembilan mobil water canon diparkir di halaman kompleks gedung. Satu mobil water canon disiagakan di depan gerbang masuk yang tertutup, delapan mobil water canon di dekat air mancur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com