Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Hari, Empat Truk Eceng Gondok Diangkut

Kompas.com - 07/11/2012, 13:26 WIB
Luthfie Febrianto

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Ratusan ribu eceng gondok yang memenuhi permukaan air Situ Cipondoh memaksa petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang bekerja keras membersihkan tanaman hama tersebut.

"Setiap hari, kami bisa angkut eceng gondok ini sampai empat truk," ujar Karnadi, Kepala Pengawas Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang, Rabu (6/11/2012).

Eceng gondok yang telah diangkut tersebut nantinya akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang. Kerja keras untuk membersihkan eceng gondok tersebut turut dirasakan Dedi, salah seorang petugas kebersihan yang turut membersihkan Situ Cipondoh. Dedi mengatakan, dirinya dan para petugas lain harus setiap harinya bekerja dari pagi hingga petang.

"Kami tiap hari bersihkan eceng gondok ini, dari pagi sampai jam empat sore," kata Dedi sembari mengangkut eceng gondok kepinggir situ.

Tidak jarang, Dedi dan petugas lain harus berenang hingga tengah situ untuk membersihkan seluruh eceng gondok yang tidak terbawa angin ke pinggir situ. "Karena Eceng Gondoknya kadang kebawa angin sampai ke tengah Situ," katanya.

Dinas PU Kota Tangerang memang kerap disibukkan dengan membanjirnya tanaman eceng gondok di Situ Cipondoh. Tidak jarang Dinas PU juga mendapat bantuak berupa perahu karet dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangerang untuk membersihkan hama eceng gondok tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com