Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Bajak Bus Seusai Rayakan Ultah Sekolah

Kompas.com - 21/11/2012, 23:54 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan pelajar membajak bus Patas P54 jurusan Grorol-Depok setelah mereka merayakan ulang tahun sekolah. Puluhan orang di antaranya diamankan polisi.

Pembajakan bus yang dilakukan oleh pelajar SMK Grafika Lebak Bulus dan SMK Grafika Tanjung Barat itu dilakukan di halte Universitas Indonesia, Jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2012) sore. Polisi yang mengetahui kejadian tersebut kemudian menghadang mereka di di Rawa Bambu, Pasar Minggu. Namun, saat itu polisi hanya bisa menangkap dua pelajar.

"Menurut keterangan dua pelajar yang sudah diamankan sore tadi, mereka berkumpul setelah merayakan ulang tahun sekolah," kata Kepala Satbinmas Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Dri Hastuti di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2012) malam.

Setelah perayaan tersebut, gabungan pelajar dari dua sekolah yang bernaung di bawah satu yayasan itu berkumpul di dekat halte Universitas Indonesia. Gerombolan yang diperkirakan berjumlah sekitar 250 orang tersebut menghentikan paksa sebuah bus Patas P54 yang sedang mengangkut penumpang ke arah Grogol.

"Mereka membawa senjata tajam dan memaksa semua penumpang turun. Kemudian mereka memaksa sopir untuk membawa mereka berkeliling," kata Dri Hastuti. Tidak hanya mengisi bagian dalam bus, sebagian besar pelajar malah memenuhi atap bus. Akibatnya, atap bus tersebut jebol.

Polisi yang mendapat laporan mengenai ulah pelajar itu langsung melakukan penghadangan di daerah Rawa Bambu. Para pelajar pun langsung kocar-kacir berhamburan ke arah Tanjung Barat. Dua orang di antaranya langsung tertangkap oleh petugas Polsektro Pasar Minggu pada saat itu. Malam ini polisi mengamankan 33 rekan mereka di kawasan Jagakarsa.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com