Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Surut, Warga Jati Asih Berbenah

Kompas.com - 19/01/2013, 13:50 WIB
Sandro Gatra

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com — Warga Perumahan Pondok Permai, Jati Rasa, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, mulai berbenah membersihkan rumah masing-masing setelah banjir surut, Sabtu (19/1/2013). Sebelumnya, ketinggian genangan air di perumahan itu mencapai 3 meter.

Menurut pengamatan Kompas.com, warga mulai mengeluarkan tumpukan lumpur dan membersihkan perabot. Aliran listrik tetap normal sehingga warga bisa memakai air bersih untuk berbenah.

Warga dibantu oleh petugas kepolisian dan berbagai organisasi kemanusiaan. Warga juga bergotong royong membersihkan tumpukan lumpur di jalanan yang ketinggiannya mencapai 15 cm, begitu pula di tempat ibadah dan sekolah.

Namun, tak semua rumah mulai dibersihkan. Banyak rumah yang dibiarkan lantaran ditinggal mengungsi penghuninya. Beberapa posko dibangun di luar kompleks.

Eko Santoso, Ketua RT 2/RW 9 Pondok Gede Permai yang juga anggota Komunitas Peduli Informasi 887 mengatakan, banjir merendam rumah 1.600 keluarga di tiga RW, yakni RW 9, RW 8, dan RW 10. "Semuanya terendam," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com