Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular 4 Meter di Kampung Melayu Sempat Kabur

Kompas.com - 25/01/2013, 17:58 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ular sanca sepanjang 4 meter yang ditangkap warga RT 13 RW 1, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, sempat kabur dari kandangnya. Hal tersebut menyebabkan kepanikan warga yang berada di sekitar kandang ular itu.

Pantauan Kompas.com, setelah ditangkap salah seorang warga bernama Surya Kusmedi (46), ular sebesar betis orang dewasa itu dimasukkan ke dalam kandang besi. Kandang itu kemudian diletakkan di depan warung warga setempat. Ular tersebut kemudian ditinggal pergi oleh Surya.

Sementara itu warga sekitar ular kemudian sibuk dengan urusan masing-masing. Ada warga yang menyapu jalan, ada warga yang sedang mengobrol dan ada juga warga yang tengah berobat di posko kesehatan RS Hermina.

Tanpa disangka, di sisi atas kandang ular yang terbuat dari jeruji besi sebesar sedotan itu patah sehingga sang ular keluar dari celah itu. Akibatnya, ular tersebut berhasil mengeluarkan setengah badannya ke arah warga yang tengah mengobrol di warung.

Keluarnya ular itu dari kandang membuat warga panik. "Bang Medi, ularnya lepas itu! Aduh, gigit anak saya deh bang. Masukin lagi cepat," teriak seorang ibu, yang kemudian melompat dari kursinya.

Ular itu sempat dibiarkan terlepas karena tidak ada warga yang berani menangkapnya. Warga pun sibuk mencari Surya Kusmedi, orang yang menangkapnya pertama kali. Tak beberapa lama, Surya pun datang, yang langsung mengusap-usap badan ular lalu kemudian memegang kepalanya dengan tangan kosong dan mengembalikannya ke dalam kandang besi.

Aksi yang dilakukan Surya itu pun mengundang decak kagum dari warga setempat. "Hore, Bang Medi hebat. Masukin ke dalam karung saja Bang," ujar salah seorang anak.

Surya sendiri mengaku tak berani memelihara binatang melata tersebut. Rencananya, ia ditemani warga lain akan menyerahkan ular tersebut ke Kebun Binatang Ragunan.

Ular itu ditemukan pada Jumat pagi, ketika warga RT 13 RW 01 Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, dibantu oleh anggota Brimob, tengah membersihkan jalan dari lumpur pascabanjir besar yang menggenangi area itu. Surya langsung menangkap ular itu dan memasukkannya ke dalam kandang besi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com