Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Tanamannya Kurus Kayak Saya

Kompas.com - 03/04/2013, 16:31 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyak cara yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat menggenjot semua bawahannya untuk bekerja cepat. Sesekali ia lontarkan sindiran, bahkan di depan umum, tanpa harus mengurangi esensi ketegasannya.

Misalnya saat melantik Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman, serta Kepala Satpol PP DKI Jakarta, di Balaikota Jakarta, Rabu (3/4/2013). Seusai pengambilan sumpah dan pelantikan, tiba waktunya Jokowi menyampaikan sambutan serta pesan perdananya untuk pejabat yang baru dilantik.

Pesan pertama ia sampaikan untuk Kepala Dinas (Kadis) Pertamanan dan Pemakaman yang baru saja dilantik, Widyo Wiyono Budi. Dalam suasana khidmat, Jokowi meminta Kepala Dinas yang baru untuk segera memperbaiki dan mengelola taman-taman di Ibu Kota. Menurut Jokowi, perubahan Jakarta akan tampak dalam tempo cepat jika kondisi tamannya terawat dengan baik.

Namun kemudian, mantan Wali Kota Surakarta ini melontarkan perumpamaan bernada sindiran yang membuat seisi ruangan tak mampu menahan tawanya.

"Saya titip sedikit pada Kadis yang baru agar taman dikelola dengan baik dan cepat. Selama ini kita nanamnya bisa, tapi mupuknya tidak bisa, sehingga tanaman kurus-kurus kayak saya," kata Jokowi. Sontak, suasana yang semula sunyi senyap berubah menjadi riuh sesaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com