Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mie Celor 26 Ilir, Santapan Pulang Kampung

Kompas.com - 05/02/2008, 15:24 WIB

Rumah Makan 26 Ilir HM Syafei, yang menyediakan menu khusus mi celor di Palembang, sebenarnya boleh disebut warung kecil karena hanya menyediakan sembilan meja. Meski begitu, kala musim liburan tempat ini bisa menjual hampir seribu piring mi celor dalam sehari.
 
Mi celor atau mi celup sesungguhnya tak hanya ada di Kota Palembang, tetapi hampir di semua kota di Pulau Sumatera, seperti Jambi dan Lampung. Namun, di Palembang, mi celor menjadi makanan khas, nyaris sepopuler pempek.

Terutama saat musim liburan karena banyak orang Palembang yang pulang kampung, pada saat itu mi celor jadi menu wajib selain pempek. Makanya tak heran kalau antrean pesanan di warung "mie celor 26 Ilir Haji Syafei" bisa jadi lebih panjang pada saat liburan.

Salah seorang karyawan warung Haji Syafei, Edi, mengatakan, dua presenter bersaudara, Tantowi dan Helmy Yahya, setiap ke Palembang pasti mampir di warungnya. Selain itu, pemain sinetron Anwar Fuady termasuk salah satu pelanggan tetapnya.

Bahkan, menurut Edi, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri juga sangat menyukai mi celor Haji Syafei. Hal ini tak mengherankan karena suami Megawati, Taufik Kiemas, asli Palembang.

"Waktu Ibu Mega masih presiden yang datang membeli biasanya orang dari istana. Kemudian, mi celor dibawa secara khusus ke Jakarta dari Palembang," ujar Edi.

Sebenarnya bukan cuma pendatang yang singgah ke warung Haji Syafei karena jumlah konsumen mi celor pada hari-hari biasa juga lumayan banyak. Jika pada hari libur, warung ini bisa menghabiskan 90 kilogram mi atau setara dengan 900 piring, sementara pada hari-hari biasa hanya rata-rata 40 kilogram mi.

Edi juga mengaku, Gubernur Sumatera Selatan Syahrial Oesman termasuk pelanggannya. Hanya saja, sang gubernur punya pesanan khusus, yaitu udang harus lebih banyak dan ditambah satu telur rebus.

Edi memastikan, semua orang bisa menikmati racikan seperti gubernur asal mau membayar lebih mahal. Jika sepiring untuk porsi normal hanya Rp 8.000, pesanan seperti pesanan gubernur itu harganya Rp 21.000 karena udangnya lebih banyak dan ditambah satu butir telur rebus.

Otak Udang

Rahasia kelezatan mi celor 26 Ilir Haji Syafei terletak pada penggunaan udang sebagai pelezat utama sehingga aroma udang paling dominan dibandingkan dengan bahan-bahan lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com