Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSCM : Kami Sudah Ingatkan Mereka

Kompas.com - 17/07/2008, 11:29 WIB

JAKARTA, KAMIS - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) membantah melakukan pengusiran terhadap pasien  peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jankesmas) dan keluarganya. Gedung Irna B, gedung tempat para pasien menginap sebelum disuruh keluar sebenarnya adalah gedung yang sengaja dikosongkan untuk keperluan renovasi. Selain itu, pasien yang disuruh keluar adalah para pasien rawat jalan, bukan rawat inap.

Hal itu ditegaskan Kepala Bagian Humas Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Poniwati Tacob kepada wartawan di RSCM, Kamis (17/7). Poniwati mengatakan, sejak Februari 2008, Gedung Irna B yang sebelumnya diperuntukkan untuk rawat ingap pasien sengaja dikosongkan. Gedung tersebut siap direnovasi. Upaya renovasi tersebut dilakukan dalam rangka menjadikan gedung tersebut sebagai bagian dari Internasional Wing."Untuk Gedung Irna A dan B kita siapkan sebagai Internasional Wing," ujarnya.

Pasien-pasien yang sebelumnya dirawat di gedung tersebut dipindahkan ke Gedung A (gedung baru).Prosedur ketat di Gedung A yang tidak memungkinkan keluarga pasien menemani keluarganya yang dirawat, membuat keluarga pasien menggunakan ruang di Gedung Irna B sebagai tempat menginap. Semakin lama, jumlah orang yang menginap semakin banyak.

Orang yang menginap di tempat tersebut pun tidak cuma keluarga para pasien. Para pasien rawat jalan dari daerah luar Jakarta juga menggunakan tempat tersebut. Makin lama, jumlahnya semakin banyak. Senin (14/7), Poniwati menjelaskan, pihak-pihak tersebut sudah diingatkan untuk mengosongkan ruangan tersebut. (SMS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com