Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Lebaran, Puskesmas Siaga 24 Jam

Kompas.com - 24/09/2008, 09:53 WIB

SEMARANG, RABU — Sebanyak 15 puskesmas yang berada di tepi jalan raya atau jalan alternatif di Kota Semarang selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2008 membuka pelayanan 24 jam penuh.

"Mulai hari ini, H-7 (24/9) hingga nanti H+7 (9/10) Lebaran 2008, puskesmas yang berada di jalur utama maupun jalur alternatif siaga selama 24 jam penuh," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Tatik Suyarti di Semarang, Rabu (24/9).

Ia menyebutkan, sejumlah puskesmas itu adalah Puskesmas Mangkang, Purwoyoso, Ngalian, Mijen, Karangmalang, Gunungpati, Manyaran, Karangdoro, Bangetayu, Tlogosari kulon, Halmahera, Pandanaran, Candi lama, Ngesrep, dan Puskesmas Srondol.

"Untuk kelancaran kegiatan tersebut, cuti Lebaran para karyawan di setiap puskesmas terjadwal atau secara bergiliran agar pelayanan kesehatan bisa berlangsung terus selama arus mudik dan arus balik Lebaraan 2008," katanya.

Selain menyiapkan puskesmas siaga 24 jam, katanya, Dinkes Kota Semarang juga mendirikan 10 pos kesehatan khusus di tempat-tempat keramaian, antara lain di terminal, stasiun kereta api, bandara, dan pelabuhan.     

Pos kesehatan khusus itu berada di Terminal Terboyo, Terminal Penggaron, Terminal Mangkang, Ujung Tol Srondol, Tugu Muda, Bundaran Kalibanteng, Stasiun Tawang, Stasiun Poncol, Pelabuhan Tanjung Enas, dan Bandara Ahmad Yani.

Ia mengatakan, pemeriksaan dan pengobatan yang diberikan di pos kesehatan bersifat pengobatan sederhana untuk pertolongan pertama dan tidak dipungut biaya. Ia mengimbau para pemudik, khususnya yang menggunakan sepeda motor, untuk selalu mengenakan helm, jaket, masker, mantel, dan membawa obat-obatan (P3K) sesuai kebutuhan.

"Para pemudik jangan lupa membawa surat-surat penting seperti kartu Askes, Jamsostek, Jamkesmas, atau identitas lain, jika sewaktu-waktu dibutuhkan akan sangat membantu," katanya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com