Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ryan Tertarik pada Perempuan

Kompas.com - 17/12/2008, 13:06 WIB

DEPOK, RABU — Pengakuan penting telah terlontar dari mulut Very Idham Henyansyah, penyuka sesama jenis yang menjadi terdakwa pembunuh mutilasi Heri Santoso di Apartemen Margonda Residence, Depok. Ryan mengaku dirinya tidak gay lagi. "Saya bener-bener bisa hijrah dari gay ke laki-laki yang bener," tutur Ryan sebelum sidang ketiganya hari ini, Rabu (17/12) di PN Depok.

Ryan mengatakan tekad itu sudah muncul bahkan sebelum persidangan terhadap kasusnya ini dimulai. Ikrar ini tentu mematahkan identitas lama Ryan yang tertarik dengan sesama lelaki. Identitas ini pula yang menuntunnya pada pembunuhan Heri Santoso karena cemburu terhadap Heri yang menginginkan tidur dengan pasangan gay-nya, Novel Andrias. "Aku sudah kubur dalam-dalam aku yang dulu," ujar Ryan.

Ryan menyatakan telah berjanji untuk tidak membina hubungan lagi dengan sesama jenis dan dirinya sangat bersyukur ketika ketertarikan terhadap lawan jenis berkembang di LP Pondok Rajeg Cibinong, tempatnya ditahan saat ini. Perubahan itu muncul dari aktivitasnya mengajar tari salsa di LP. "Aku langsung sujud syukur pas ngajarin salsa di LP, aku tertarik dengan lawan jenis yang juga belajar," ungkap Ryan.

Mengenai wanita bagaimana yang menarik hatinya, Ryan menyebutkan sejumlah poin kriteria, antara lain wanita dengan berbaju tertutup dan tidak seronok serta berkulit putih. Soal perawakan tubuh? "Asal bodinya enggak melebar aja," ujar Ryan mengundang gelak tawa wartawan dan warga yang mengerubungi ruang tahanan pria di PN Depok, masih sebelum sidang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com