Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yao Ming Jadi Duta Antirokok

Kompas.com - 14/10/2009, 03:45 WIB

Beijing, Selasa - Bintang basket asal China, Yao Ming, memiliki pekerjaan tambahan. Pemain klub NBA Houston Rocket itu kini mempunyai tugas mulia, yakni menjadi duta antirokok China.

Bersama penyanyi pop Peng Liyuan, istri Wakil Presiden China Xi Jinping, Yao bakal aktif dalam kegiatan untuk menganjurkan rakyat China yang merokok meninggalkan kebiasaan buruk mereka.

China memiliki persoalan serius dengan rokok. Bayangkan, sebanyak 350 juta warga mereka, atau hampir 27 persen dari populasi, menjadi perokok. Kondisi ini menempatkan China sebagai negara pengonsumsi rokok terbanyak di dunia.

Alhasil, produktivitas rakyat China mengalami tantangan. Sekitar satu juta warga China tewas setiap tahun akibat kanker paru-paru dan penyakit jantung yang terkait langsung dengan konsumsi rokok.

Kantor berita China, Xinhua, menyatakan, Peng dan Yao secara resmi menjabat sebagai duta Asosiasi Pengendalian Tembakau China. Mereka akan hadir dalam berbagai pertemuan publik yang membicarakan bahaya merokok.

Cavaliers menang

Sementara itu, LeBron James dan Shaquille O’Neal masing- masing menyumbangkan 12 poin saat Cleveland Cavaliers mengalahkan Olympiacos 111-94 dalam laga pramusim NBA, Senin lalu di Cleveland.

Cavaliers melakoni duel melawan klub Yunani itu tanpa diperkuat point guard Mo Williams serta Delonte West. Williams masih bergulat dengan cedera kunci paha. Adapun West absen karena harus merampungkan persoalan pribadi. Ia sudah meminta izin kepada tim sebelumnya.

Daniel Gibson yang menggantikan Williams mencetak 15 poin dan tiga assist. Ia mengeksekusi tiga lemparan tiga angka dari enam lemparan. Josh Childres menambah 16 poin untuk Olympiacos. Sebelum bermain di tanah Eropa, Childres memperkuat Atlanta Hawks pada 2004-2008.

Pelatih Cavaliers Mike Brown mengatakan, melawan Washington Wizards, Rabu ini, timnya kemungkinan besar belum diperkuat Williams. (ap/afp/ato)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com