Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daripada ke Mal, Mending ke Kota Tua Aja Yuk..

Kompas.com - 15/11/2009, 11:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyak pihak khawatir dengan semakin menjamurnya pusat perbelanjaan dan mal di Jakarta. Disinyalir perkembangan ini akan menyudutkan berbagai seni budaya Jakarta. Namun, Pemprov tampaknya sadar akan hal ini sehingga mulai memerhatikan kawasan Kota Tua.

"Kota Tua memberi kontribusi signifikan untuk meningkatkan industri kreatif yang untuk Jakarta pusatnya di kawasan Kota Tua," kata Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Aurora Tambunan dalam sambutannya mewakili Gubernur Fauzi Bowo dalam pembukaan Atraksi Kota Tua di Taman Museum Fatahillah, Minggu (15/11).

Menurut Aurora, kegiatan Atraksi Kota Tua ini sangat penting untuk mengingatkan masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta, akan sejarah dan budaya ibu kota negara ini. Untuk itulah, lanjutnya, berbagai seni-budaya berupa tarian, aksesori, busana, dan makanan khas Jakarta ditampilkan di tiga tempat. Tempat yang dimaksud adalah Taman Museum Fatahillah, kawasan Kali Besar, dan galangan Cafe VOC.

"Saya dengan dari Pak Ari (Kepala Dinas Budpar Jakarta) akan ada kegiatan tiap akhir pekan di Kota Tua. Maka, jangan ke mal terus, mari ke Kota Tua," tandas Aurora.

Lebih jauh, Wakil Wali Kota Jakarta Barat Sukarno menuturkan, Atraksi Kota Tua ini didahului dengan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Kota Tua. Kegiatan ini diisi dengan sepeda santai yang diikuti oleh para pejabat Jakbar dan masyarakat. Selain itu, ada penempelan stiker di kendaraan bermotor khususnya kendaraan umum yang melewati Kota Tua. "(Isi stiker) untuk menyosialisasikan larangan merokok di kendaraan umum," ucap Sukarno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com