Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Tua Akan Dijadikan Hollywood-nya Indonesia

Kompas.com - 30/11/2009, 14:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana merancang dan merevitalisasi Kota Tua menjadi Kota Seni, khususnya bidang sinematografi atau sebagai pusat pembuatan film-film Indonesia yang saat ini mulai banyak digemari masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman di Jakarta, Senin (30/11), mengatakan, Kota Tua sudah saatnya ditingkatkan fungsi dan peranannya karena selama ini hanya digunakan sebagai tempat wisata, kegiatan olahraga atau kegiatan lainnya.

Karena itu, Pemprov DKI Jakarta berencana menjadikan Kota Tua sebagai kota pusat acara seni budaya, khususnya bidang sinematografi dan pembuatan film-film Indonesia.

"Paling tidak, Kota Tua bisa dijadikan ’Hollywood’-nya Indonesia," kata Arie Budhiman.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) akan banyak sekali melakukan kegiatan seni di Kota Tua, mulai dari pembuatan video klip, pagelaran seni, pameran lukisan, hingga pembuatan film komersial ataupun dokumenter.

Dengan keberadaan mahasiswa seni IKJ itu, "denyut" kesenian di Kota Tua diperkirakan semakin bertambah dan banyak orang yang melihat potensi Kota Tua.

Menurut dia, memindahkan kegiatan pendidikan untuk menghidupkan suatu kawasan terbukti efektif.

Arie mencontohkan kawasan Soho di New York. Dulu, sebelum ada kegiatan pendidikan seni di sana, perkembangan kota itu tertinggal dan stagnan.

Namun, lanjut dia, ketika fakultas seni sebuah universitas dipindahkan ke wilayah itu dan segala kreativitas mahasiswanya dijual di Soho, kini kota itu menjadi pusat kreativitas seni. Dampak positif lainnya, katanya, meningkatkan pertumbuhan perekonomian di kawasan itu. Bahkan, turis mancanegara lebih sering datang ke kawasan Soho.

"Kami akan menjadikan Kota Tua seperti itu. Agar semakin hidup, tidak membosankan, dan menjadi pusat kreativitas seni," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com