Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBJ Pameran Situs Warisan Budaya Dunia Candi Prambanan dan Sewu

Kompas.com - 13/01/2010, 21:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Belum banyak yang tahu Kompleks Candi Borobudur, Kompleks Candi Prambanan, dan Situs Manusia Purba Sangiran, telah ditetapkan UNESCO sebagai Situs Warisan Budaya Dunia. Untuk menyosialisasikan kepada publik , Bentara Budaya Jakarta (BBJ), hari Kamis (14/1) pukul 18.00 WIB menggelar Pameran Candi Prambanan dan Candi Sewu.

Kepala Pengelola Bentara Budaya Jakarta Paulina Dinartisti mengatakan, Candi Prambanan dan candi Sewu telah mengalami berbagai perlakuan sejak awal ditemukannya bangunan candi, pemugaran, bencana alam gempa bumi, dan rehabilitasi pascagempa. Selain itu, sekarang ini Candi Prambanan dan Candi Sewu dimanfaatkan sebagai tempat wisata budaya.

Seiring dengan perjalanan waktu, muncul berbagai ancaman terhadap situs tersebut. Dengan demikian, pelestarian merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat, pihak swasta, dan pemerintah, sehingga pameran ini mengambil tema Menjaga Warisan Umat Manusi a, katanya, Rabu (13/1) di Jakarta.

Pameran Candi Prambanan dan Candi Sewu bekerjasama dengan Direktorat Peninggalan Purbakala Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, PT Taman Wisata Borobudur dan Prambanan.

Dinartisti menjelaskan, pameran yang pembukaannya dihadiri empat menteri ini mencakup penjelasan mengenai sejarah Mataram sebagai kerajaan pendiri candi Prambanan dan Sewu, riwayat pemugaran dan pemanfaatannya, serta perspektif masyarakat terhadap candi-candi tersebut.

Untuk pendukung, selama pameran berlangsung digelar diskusi mengenai arkeologi, arsitektur dan seni, serta pariwisata dan pemasaran. Selain itu juga akan dilaksanakan lomba menggambar bagi siswa-siswi Sekolah Dasar dan peluncuran buku Membangun Kembali Prambanan, jelas Dinastisti.

Candi Prambanan dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi dan merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Tinggi bangunan utam a adalah 47 meter. Kompleks candi ini terdiri dari 8 kuil atau candi utama dan lebih dari 250 candi kecil.

Sedangkan Candi Sewu yang berjarak sekitar 800 meter utara Prambanan, dibangun abad ke-8. Candi yang terletak di lembah Prambanan ini merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua . Di lembah ini tersebar candi-candi dan situs purbakala yang berjarak hanya beberapa ratus meter satu sama lain. Hal ini menunjukkan bahwa kawasan ini merupakan kawasan penting artinya dalam sektor keagamaan, politik, dan kehidupan urban masyarakat Jawa Kuna.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com