Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Kaltim Tahan 2 Pembobol Rekening

Kompas.com - 22/01/2010, 19:01 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com — Tim dari Kepolisian Daerah Kalimantan Timur menangkap 2 tersangka pembobol rekening nasabah bank di Kota Samarinda, Jumat (22/1/2010). Keduanya ditahan di Kantor Kepolisian Kota Besar Samarinda.

Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Antonius Wisnu Sutirta membenarkan informasi itu saat dikonfirmasi pada Jumat siang. Namun, dia enggan mengungkapkan informasi lebih jauh sebab polisi masih mengejar anggota sindikat pembobol rekening lainnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Kantor Poltabes Samarinda, kedua orang yang dimaksud ditangkap sekitar pukul 09.00 Wita. Kedua tersangka dikabarkan berhasil menggasak simpanan nasabah sekitar Rp 5 miliar.

Namun, polisi enggan mengungkap jumlah nasabah dan nama-nama bank yang menjadi korban dan identitas tersangka. "Masih pengembangan," kata Komisaris Besar Wisnu Sutirta.

Kepala Polda Kaltim Inspektur Jenderal Matheus Salempang ketika berada di Samarinda pada Kamis lalu sempat ditanya pers seputar pembobolan rekening bank. Dia mengatakan, salah satu kasus yang pernah diungkap Poltabes Samarinda adalah pembobolan rekening nasabah Bank Permata pada 2009.

Terkait dengan pembobolan di Jakarta dan Bali, lanjut Matheus, jajaran Polri se-Kaltim diperintahkan untuk mempelajari modus operandi kejahatan itu. "Itu arahan dari Mabes Polri dan kami pelajari betul agar jangan lagi terjadi di sini," katanya.

Matheus mengatakan, untuk mencegah terulangnya pembobolan itu, patroli dan pengawasan di anjungan tunai mandiri (ATM) dan bank-bank bakal ditingkatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com