Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah, Tambak, dan Sawah Kebanjiran

Kompas.com - 29/01/2010, 03:17 WIB

Cirebon, Kompas - Sebanyak 272 rumah dan ratusan hektar tambak milik warga di tiga dusun di Desa Tawangsari, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir akibat limpasan air Sungai Cisanggarung. Kerugian akibat banjir diperkirakan Rp 1,5 miliar.

Debit air Sungai Cisanggarung yang meninggi sejak Rabu (27/1) malam mulai melimpas ke permukiman, sawah, dan tambak, Kamis sekitar pukul 01.00. Tinggi air yang menggenangi jalan desa dan masuk ke rumah mencapai selutut orang dewasa.

Tiga dusun yang tergenang adalah Dusun Karangmulya, Sadeg, dan Tegur. Selain 272 rumah, juga tergenang 300 hektar tambak udang dan bandeng, 75 hektar kebun bawang, serta 10 hektar tanaman padi.

Hingga pukul 06.00 banjir terus meninggi, tetapi menjelang siang banjir mulai surut. Penyebab banjir adalah tanggul Sungai Cisanggarung sepanjang 35 kilometer (dari Desa Tawangsari hingga muara sungai) terlalu rendah. Akibatnya, ketika debit air dari hulu sungai (Kabupaten Kuningan) meningkat, tanggul tak mampu menahan air.

Kepala Desa Tawangsari Zaenuddin mengatakan, banjir kali ini terbilang parah dibandingkan dengan banjir tahun lalu. Selain di Desa Tawangsari, tanggul Sungai Cisanggarung di Desa Kalirahayu, Kecamatan Losari, rawan jebol.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Cirebon Deni Agustin, evakuasi warga belum perlu dilakukan, tetapi masyarakat diimbau waspada potensi banjir susulan.

Menurut Amirudin (42), Ketua Kelompok Pantai Pesisir Maju Desa Tawangsari, kerugian petambak ditaksir Rp 500 juta.

Petani bawang dan padi juga resah. Tanaman mereka akan busuk jika banjir tidak surut dalam tiga hari.

Jangan ganggu pasokan

Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan Jabar Oo Sutisna, Kamis, menyatakan, penundaan penanaman padi untuk menghindari banjir harus diatur dan disesuaikan dengan perkiraan cuaca agar pasokan beras di Jabar tidak terganggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com