Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Makan Nasi Angus

Kompas.com - 05/02/2010, 14:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama pernah tinggal di Indonesia pada masa kecilnya. Selama di Indonesia ia pernah bersekolah di SDN 01 Menteng, dulu SD Besuki.

Kenangan akan "Barry", demikian ia dipanggil kala itu, masih melekat di ingatan bekas gurunya, Effendi (65). "Dulu yang paling saya ingat waktu dia ikut pramuka, kan masak sendiri, ternyata dia nasinya angus. Jadi dia makan nasi angus waktu itu," tuturnya, Jumat (5/2/2010) di Jakarta, sambil tertawa.

Ia ditemui dalam acara silaturahim yang diadakan Ikatan Alumni SD Besuki. Ia bersama beberapa guru dan alumni SD Besuki saat ini tengah berkumpul di aula sekolah dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh alumni.

Effendi mengajar Obama di kelas tiga. Ia masih menyimpan foto bersama murid-muridnya kala itu. "Saya mau kasih liat fotonya waktu dia kecil," katanya.

Ia menyatakan bangga atas pencapaian yang diraih mantan muridnya tersebut. "Kalau ketemu dia pertama saya ucapkan selamat, dia bisa begitu sukses hingga menjadi presiden di negara adikuasa," tutur pria yang mengajar Obama saat masih berusia 25 tahun itu.

Oh ya, ada pesan khusus yang ingin ia sampaikan pada Obama. "Pesannya biar dia tidak lupa dengan Indonesia, pesannya jangan banyak-banyak nanti dia bingung lagi," selorohnya.

Obama dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada pertengahan bulan Maret nanti. Ia akan datang bersama istrinya Michelle Obama dan kedua putri mereka, Malia dan Sasha. Selain kunjungan bilateral, pihak Kedutaan Amerika Serikat menyebut kunjungan ini sebagai momen nostalgia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com