Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ida: Bapak Suka Kicau Burung

Kompas.com - 11/02/2010, 14:51 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Di hampir setiap kunjungan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya, Ida Laksmiwati, istri mantan Ketua KPK Antasari Azhar, mengatakan suaminya kerap menanyakan kabar dua ekor burung beo kesayangannya. Menurut Ida, Antasari termasuk pria yang sangat suka mendengar kicau burung.

"Biasanya kalau lagi baca koran atau buku, bapak selalu duduk dekat dengan burung-burungnya. Bapak suka dengan kicau burung," ungkap Ida saat berbincang-bincang pada malam sebelum pembacaan vonis Antasari di kediamannya, Komplek Giri Loka 2, BSD, Tangerang, Rabu (10/2/2010).

Ida menceritakan, sejak mendekam di Rutan Narkoba, terhitung sejak 4 Mei 2009, tak pelak Antasari merasa rindu dengan celoteh Beonya. Namun, lanjut Ida, burung itu tidak mungkin dibawa ke Rutan. "Suaranya kan kencang sekali. Jadi enggak mungkin dibawa ke sana," katanya.

Kerinduan Antasari akan kicau burung terobati setelah salah seorang tahanan keluar dari tempatnya menginap selama kurang lebih sembilan bulan terakhir. Ida menyebutkan tahanan yang keluar tersebut menghadiahi seekor burung kepada Antasari. Sayang Ida tidak ingat jenis burung berukuran mungil itu.

"Sekarang burung itu jadi teman Bapak waktu membaca," tutur Ida yang hingga kini masih merawat burung Antasari di kediamannya.

Dengan kecintaan Antasari terhadap burung, Ida langsung sumringah saat ditanya apakah suaminya lebih kangen terhadap burung atau dirinya. "Ya kangen istri tetap dong. Tapi nanya kabar beonya juga sering," kata ibu dua anak yang juga rindu dengan dengkuran Antasari saat tidur.

"Kalau capek banget, bapak pasti ngorok. Dan selama kurang lebih sembilan bulan ini saya tidak pernah mendengar suara ngorok itu. Kan kita tidurnya misah," tambah Ida.

Pantauan di kediaman Antasari, setidaknya Antasari memelihara enam ekor burung yang ada dalam kandang di pekarangan rumah. Selain beo, ada seekor burung kakaktua dan tiga ekor burung jenis lainnya. Beo kesayangan Antasari pun tergolong burung yang gemar berceloteh. Kendati hari sudah gelap, beo tersebut bergumam tatkala didekati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com