Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tionghoa Padang Rayakan Imlek di Tenda

Kompas.com - 14/02/2010, 01:55 WIB

PADANG, Kompas.com - Warga Tionghoa Kota Padang merayakan Imlek 2561 di tenda Klenteng See Hin Kiong daerah Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Sumatra Barat. Ketua Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Padang, Feryanto Gani, di Padang, Sabtu (13/2/10) malam, mengatakan, Imlek di Klenteng See Hin Kiong tahun ini dirayakan dengan memakai tenda.

Kondisi klenteng di Padang mengalami rusak berat akibat gempa 30 September 2009. "Untuk melakukan ibadah terpaksa memakai tenda", katanya.

Menurutnya, perayaan Imlek ini tidak dihiasi dengan hiburan seperti barongsai karena kondisi Padang masih suasana berduka. "Kita hanya merayakan Imlek secara sederhana saja tanpa ada hiburan dan kembang api seperti tahun lalu," tegasnya.

Ia mengatakan, 23 orang anggota organisasi yang tergabung dalam HBT ini meninggal akibat gempa 7,9 skala Richter itu. "Selain korban jiwa, gedung HBT yang terletak di Jalan Klenteng juga mengalami rusak berat. Gedung HBT saat ini masih dalam tahap renovasi," ujarnya.

Dari pemantauan Antara terlihat ada tiga tenda besar yang di pasang di halaman klenteng sebagai tempat sembahyang umat Kong Hu Cu Kota Padang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com