Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Obama, Polisi Gelar "Operasi Nusa Tujuh"

Kompas.com - 19/02/2010, 20:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bersama Polda Metro Jaya mulai menggelar "Operasi Nusa Tujuh" guna mengamankan rencana kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama ke Indonesia, pertengahan Maret 2010.

"Operasi itu berlangsung hingga hari ketujuh pascakedatangan Obama," kata Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Wahyono di Jakarta, Jumat (19/2/2010).
     
Wahyono mengatakan, polisi sudah mempersiapkan pengamanan terhadap rencana kunjungan Presiden Obama sejak beberapa waktu lalu, termasuk jumlah personel pengamanan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Namun, pejabat nomor satu di Polda Metro Jaya itu menuturkan, pihak Pengamanan Obyek Vital (Pam Obvit) belum mengetahui lokasi yang akan dikunjungi Presiden Obama di Indonesia.

Wahyono menjelaskan, polisi akan mewaspadai potensi ancaman peledakan bom saat kedatangan Presiden AS yang pernah tinggal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, itu.

Operasi Nusa Tujuh itu juga meliputi kegiatan pengamanan terhadap potensi penyakit masyarakat (pekat), menindak tegas pelaku tindak kriminal, dan menjaga keamanan wilayah.

Jenderal bintang dua itu menyatakan, Polda Metro Jaya akan mengerahkan seluruh kekuatan personel yang ada, sedangkan pengamanan melekat pada Presiden Obama menjadi kewenangan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Indonesia berkoordinasi dengan Paspampres AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com