The Bukit, Hunian Bersuasana Perbukitan di Tepi Pantai

Kompas.com - 26/03/2010, 22:37 WIB
Editorksp

JAKARTA, KOMPAS.com- Ingin mendapatkan hunian bernuansa pantai sekaligus perbukitan? PT Pembangunan Jaya Ancol Jumat (26/3/2010) meluncurkan hunian The Bukit yang menggabungkan konsep perbukitan namun berlokasi di tepi pantai. Hunian The Bukit dibangun di atas lahan seluas 6 hektar yang 60 persennya ditanami pepohonan sehingga hijau seperti bukit.

Meskipun berkonsep cluster, The Bukit memiliki 8 tipe rumah yang semuanya berlantai tiga. Luas lahan tiap rumah berkisar 200-300 meter persegi dengan luas bangunan berkisar 162-220 meter persegi.

"Konsep The Bukit ini walaupun letaknya di pantai, tapi kita ciptakan seperti bukit. Yang menarik di sini karena tipenya banyak.. Bentuk The Bukit kita ciptakan turun, semakin dekat ke laut semakin turun supaya flow angin dapat," kata Wakil Direktur Properti PT Pembangunan Jaya Ancol, Agus Rochiyardi yang ditemui di lokasi The Bukit, Ancol Barat, Jakarta, Jumat.

"Vegetasi di sini kita ciptakan berbagai macam tanaman, sehingga walaupun tempatnya di pantai namun kaya tanaman sehingga tidak panas udaranya," tambah Agus. Selain itu, menurut Agus,  The Bukit dibangun dengan desain yang lapang tanpa banyak sekat sehingga pemilik rumah bisa lebih leluasa mendesain rumah mereka.

Bangunan The Bukit juga didesain dengan konsep integrated cross ventilation yang memaksimalkan penggunaan cahaya matahari untuk penerangan sehingga menghemat listrik. Harga tiap unit menurut Agus berkisar Rp 2,1 miliar- Rp 2,6 miliar. 

Rencananya, PT Pembangunan Jaya Ancol akan membangun sekitar 70 unit rumah untuk tahap pertama. Hunian The Bukit akan dilengkapi berbagai fasilitas seperti Club House berupa ruang pertemuan, lounge, pusat fitness, kolam renang, dengan sistem keamanan yang dilengkapi CCTV di pintu gerbang yang terbuka otomatis jika pemiliknya masuk. Juga dekat dengan   pusat niaga, rekreasi, kuliner berkelas, serta fasilitas kesehatan dan pendidikan.

Lokasi hunian The Bukit strategis dengan akses yang mudah, berdekatan dengan tiga pintu tol dalam kota, bandara, pelabuhan dan pusat perdagangan serta pemerintahan. The Bukit juga terintegrasi dengan kawasan rekreasi dan resort Taman Impian Jaya Ancol. Kedelapan tipe rumah lantai tiga The Bukit yakni Benoa, Cangu, Menega, Pecatu, Pelasa, Uluwatu, Umalas, dan Ungasan dapat Anda miliki mulai dari sekarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga saat ini, menurut Agus, sebanyak 20 unit rumah telah terjual. Pihak PT Pembangunan Jaya Ancol berniat membangun 70 unit rumah di atas The Bukit untuk tahap awal. "Targetnya, 2-3 bulan sebanyak 70 unit akan terjual," kata Agus.

Reklamasi

 The Bukit dijamin aman meskipun didirikan di atas lahan reklamasi pantai seluas 6 hektar. "Dampak lingkungannya terjamin meski reklamasi, karena sudah memenuhi persyaratan pemerintah, sesuai perizinan, Amdal lingkungan dan aklamasi," katanya.

Menurut Agus, proses reklamasi pantai barat Ancol yang sekarang lahan The Bukit tersebut menggunakan sistem pemadatan dengan teknologi vertikal drain sehingga cepat selesai. "6 bulan tanah sudah turun 2 meter, harapannya air yang ada di bawah akan ikut naik pakai semacam sumbuh kompor dengan kain goni," ujarnya.

Selain telah memperhatikan Amdal dan peizinan, pembangunan hunian The Bukit disesuaikan dengan misi Ancol sebagai Green Company. Sehingga pembangunan The Bukit memperhatikan penghematan energi dan hijaunya lingkungan. Anda tertarik?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.