Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jupe: Pendidikan Tak Cuma untuk Si Kaya!

Kompas.com - 03/05/2010, 09:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS. com - Terkait dengan Hari Pendidikan Nasional, artis Julia Perez yang kini menjadi calon wakil bupati Pacitan mengaku prihatin dengan dunia pendidikan di Indonesia.

"Sekarang kita lihat pendidikan perkembangannya apa, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama bahwa pendidikan itu harus gratis, dari tingkat 9 tahun sampai kuliah harus gratis, karena bangsa kita kaya. Kenapa negara di Amerika Selatan yang kekayaannya di bawah negara kita sekolahnya bisa gratis, kenapa di negara kita harus bayar, saya prihatin," ujarnya saat dihubungi Kompas.com melalui ponselnya, Minggu (2/5/2010).

Lebih lanjut Jupe mengungkapkan, Hari Pendidikan Nasional tidak hanya sekedar dijadikan peringatan, tetapi menjadi sebuah evaluasi bagi pemerintah. "Tanggal 2 Mei ini bukan hanya semboyan, tapi juga jadi peringatan bahwa pendidikan kita juga masih mahal, dan kita berharap pendidikan itu bukan sesuatu yang mahal," ungkapnya.

"Pendidikan bukan hanya untuk orang kaya. Karena kalau pendidikan murah dan gratis, rakyat dapat mandiri," lanjutnya.

Masih kata Jupe, dirinya menyayangkan pendidikan di Indonesia masih mahal dan membandingkannya dengan pendidikan di negara lain. "Kalau di Argentina, sekolah gratis, hanya seragam saja yang beli, bukunya juga standar. Sekarang, harga buku juga mahal, seharusnya pemerintah memperhatikan ini. Intinya, kita dapat mewujudkan cita-cita seperti di negara luar kalau kita mau. Di sini, masuk kerja saja bayar," ujar Jupe, yang akan membuat program pendidikan gratis di Pacitan bila dirinya terpilih menjadi wakil bupati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com