Foke: Jangan asal 'Ngomong' Reklamasi

Kompas.com - 02/06/2010, 11:01 WIB
EditorGlo

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menekankan agar semua pihak tidak asal berkomentar soal proses reklamasi pantai utara Jakarta.

Komentar yang dilontarkan harus berdasarkan pada fakta di lapangan sehingga ada kesamaan langkah antarbagian yang mengerjakan. "Saya kira kita harus memiliki pemahaman sama. Bagian mana yang reklamasi dan bagian tidak termasuk reklamasi ini," tuturnya di Balai Kota, Rabu (2/6/2010).

Fauzi tak sepakat jika dikatakan proses reklamasi yang dikerjakan para pengembang itu merusak lingkungan, termasuk komentar publik yang menyebutkan bahwa proses reklamasi akan menghambat jalur sungai yang mengalir ke laut. "Lihat dulu konsepnya, apakah memang begitu. Kalau konsepnya bukan begitu, jangan memberikan komentar yang tidak sesuai," tegasnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta menghentikan proses reklamasi pantai utara Jakarta setelah Mahkamah Agung mengabulkan kasasi Kementerian Lingkungan Hidup, Senin lalu. Reklamasi pantai utara Jakarta dinilai telah merusak lingkungan sehingga tidak boleh dilanjutkan. Pemprov juga diimbau mengerjakan Kajian Lingkungan Hidup Strategis yang belum selesai sejak 2009 sebelum menentukan langkah selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.