Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Prihatin Pelecehan Seks di 'Busway'

Kompas.com - 02/08/2010, 19:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengaku prihatin dengan aksi-aksi mesum yang terjadi di dalam bus transjakarta. Hal tersebut dikatakannya, Senin (2/8/2010), menanggapi terus terjadinya aksi tak bermoral tersebut. 

"Saya prihatin dengan pelecehan seksual di busway oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab," ujarnya kepada para wartawan di Balai Kota, Senin. Dikatakan Foke, bus transjakarta, sebagai ikon Ibu Kota, perlu mendapat perhatian yang lebih besar. Pengelola bus transjakarta, sambungnya, perlu mengedepankan keamanan, kenyamanan, keterjangkauan harga, dan keselamatan penumpang dalam memberikan pelayanan.

Kendati antrean penumpang di sebagian besar selter bus transjakarta telah dipisahkan, nyatanya aksi pelecehan seksual di dalam bus masih terjadi. Kejadian terakhir, Senin tadi, seorang pegawai negeri sipil berinisial DA diamankan setelah melakukan pelecehan seksual terhadap dua mahasiswa di bus transjakarta, tepatnya di Cempaka Putih, saat bus tengah menuju selter Harmoni.

Ini bukan kejadian pelecehan seksual pertama di bus transjakarta. Sebelumnya, beberapa kali pelecehan seksual telah terjadi. Semuanya dilakukan pelaku laki-laki terhadap korban perempuan. Hal tersebut menjadi salah satu alasan desakan agar antrean di bus transjakarta dipisah antara laki-laki dan perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com