Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbong Khusus Perempuan Beroperasi

Kompas.com - 06/08/2010, 13:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kabar baik untuk kaum perempuan. Sebentar lagi, pemerintah dan PT Kereta Api akan menambah armada baru untuk kereta komuter Jabodetabek. Menariknya, pemerintah akan menyediakan satu gerbong khusus untuk kaum perempuan.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan mengatakan, PT KA Commuter akan menambah armada KRL Jabodetabek sebanyak enam rangkaian pada tahun ini.

"Kereta seri 7000 ini ada gerbong khusus wanitanya. Ini menjawab soal keamanan dan kenyamanan. Dalam satu rangkaian, ada delapan gerbong, gerbong paling belakang itu wanita. Itu petugas di dalamnya juga wanita," ungkapnya di Gedung DPD, Jumat (6/8/2010).

Kereta seri 7000 ini merupakan kereta bekas yang dibeli dari Jepang. Namun, menurut Tundjung, kondisinya masih bagus, hanya masih dilengkapi oleh AC freon. Di Jepang, penggunaan freon memang sudah dilarang.

Dari sekitar enam rangkaian yang sudah dibeli, tiga sudah mendapat sertifikasi lain, sedangkan tiga rangkaian lagi menyusul.Tersedianya kereta seri 7000 ex Jepang ini  merupakan bagian dari komitmen pemerintah dan operator dalam menambah armada.

Pemerintah hanya berhak mengintervensi di kereta ekonomi, sedangkan bisnis dan eksekutif berada di bawah kewenangan PT KA sebagai operator. Dalam pengadaan kereta eksekutif dan bisnis, pemerintah hanya bisa memberikan izin spesifikasi teknis dan kelaikannya setiap tahun.

Sementara untuk ekonomi, pemerintah langsung turun. Setiap tahun, pemerintah selalu menambah armada ekonomi untuk jarak jauh sebanyak 2-3 rangkaian. Untuk KRL AC, pemerintah akan melepas dua set di bulan November dan Desember. Delapan set menyusul di tahun 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com