Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintaro Kena Banjir Kiriman 1,5 Meter

Kompas.com - 17/08/2010, 22:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain melanda daerah Gandaria, luapan Kali Pesanggrahan juga menggenangi wilayah Bintaro hingga 1,5 meter. Banjir paling parah di sekitar Kompleks IKPN, Tanah Kusir yang lokasinya relatif lebih rendah dibandingkan daerah sekitarnya.

"Paling parah di Kompleks IKPN. Tadi yang sempat saya lihat mencapai 1,5 meter," kata Imam, salah satu warga kepada Kompas.com, Minggu (17/8/2010) malam. Ia mengatakan banjir mencapai puncak sekitar pukul 19.00 WIB, Selasa (17/8/2010) setelah hujan mengguyur wilayah tersebut. Di tempat orangtuanya tinggal di Jalan Pembangunan, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan ketinggian air mencapai sedada orang dewasa.

Menurut Imam, warga memperkirakan banjir kali ini dipicu kiriman air dari aliran Kali Pesanggrahan. Sebab, hujan yang turun di wilayah tersebut meskipun deras hanya berlangsung singkat tidak sampai satu jam. Diperkirakan, kiriman air dari luapan tanggul Situ Gintung. "Kami juga diberi tahu kalau tanggul air di Jalan Madrasah jebol," tambahnya.

Meski banjir cukup tinggi, lanjut Imam, banjir cepat suru dan malam ini sudah sepinggang orang dewasa. Meski demikian, warga belum berani kembali ke rumah masing-masing menunggu banjir surut sepenuhnya. Saat ini, warga masih mengungsi ke rumah tetangga yang lokasinya lebih tinggi. "Kalau di sini saja ada sekitar 80 KK mengungsi. Di bawah mungkin lebih banyak lagi," jelas Imam.

Ia mengatakan bantuan dari pihak kelurahan sudah datang berupa beras. Warga juga sudah berembug untuk membuka dapur umum mulai malam ini terutama untuk mengantisipasi umat Islam yang harsu melaksanakan sahur untuk puasa esok hari. "Masih menjadi ciri khas, swadaya saja. Masing-masing ketua RT koordinasi ke tingkat RW," ujar Imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com