Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, 1500 Warga Gandaria Mengungsi

Kompas.com - 17/08/2010, 22:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang sejak sore tadi melanda RW 07, Kelurahan Gandaria Selatan, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, membuat lebih dari 400 Kepala Keluarga atau sekitar 1.500 warga terpaksa meninggalkan rumah mereka ke tempat-tempat pengungsian.

Supanto, Ketua RT 01/07 Gandaria Selatan, mengatakan, dari jumlah tersebut, saat ini sebagian warga sudah mendapatkan perawatan serta makanan bantuan di posko-posko yang dibentuk warga sekitar lokasi kebanjiran. Sementara sejumlah warga lainnya diketahui memilih untuk mengungsi ke tempat saudara-saudara mereka di wilayah lain di Jakarta.

"Saat ini warga dari empat wilayah RT sudah semuanya dievakuasi dari banjir. Sebagian bahkan sudah mendapatkan perawatan medis dan obat-obatan seperti obat sakit perut dan lainnya di posko-posko darurat banjir yang dibentuk warga lain. Sebagian besar pengungsi lain memilih untuk menetap sementara di rumah kerabatnya yang lain ketimbang di posko," ujar Supanto.

Saat ini, kondisi ketinggian air sendiri sudah relatif surut ketimbang sebelumnya. Meski sudah dinyatakan aman, namun sebagian besar warga memilih tetap bertahan di posko-posko pengungsian, atau memilih tinggal sementara di rumah warga setempat yang tidak ikut terkena banjir.

"Yang mengalami banjir total itu di RT 13 dan 14. Di sana praktis rumah warga terendam. Sementara di wilayah RT 10 dan RT 11, sebagian wilayah tidak terkena banjir karena posisinya masih berada di atas. Di wilayah yang letak geografisnya cekung, sudah pasti terkena semua," jelas Supanto.(Tribunnews.com/Alie Usman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com