Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Pengangkut Motor Diserbu Pemudik

Kompas.com - 01/09/2010, 20:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjuran Polri agar warga ibukota tidak mudik dengan mengendarai sepeda motor sepertinya dipatuhi. PT Kereta Api (KA) yang menyediakan kereta khusus pengangkut motor yang disambung dengan rangkaian gerbong penumpang dilirik pemudik sebagai satu alternatif untuk pulang kampung.

"Kemarin sekitar 80 persen tiket terjual, kereta diberangkatkan dari stasiun Jakarta Gudang dengan rangkaian tujuh gerbong untuk motor dan tiga gerbong untuk penumpang," ujar Kepala Stasiun Senen, Taviv Saryono ketika ditemui diruangannya, Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Rabu (1/9/2010).

Sedianya kereta khusus itu akan dijalankan mulai H-10 sampai H-5. Dua kereta ekonomi tersebut nantinya akan melayani lintas utara tujuan Surabaya Pasar Turi melalui Semarang dan lintas selatan tujuan Madiun melalui Yogyakarta dan Solo.

Terkait dengan keamanan penumpang, Taviv mengatakan sejumlah petugas telah ditempatkan di sejumlah titik. Petugas keamanan terdiri dari 45 satuan pengamanan, Petugas Polsek 40 orang, Anggota Garnisun 4 orang, Anggota Propam 4 orang serta dibantu dengan polisi dari Polda Metro Jaya.

Menurut Taviv, patroli dilakukan setiap satu jam berkeliling stasiun oleh petugas polsek Senen. Dirinya juga mengimbau kepada pemudik untuk tidak membawa perhiasan dalam jumlah banyak dan tidak menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal. "Waspada terhadap kejadian pembiusan," katanya.(Tribunnews/Ferdinand WS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com