Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Umat Berhak Bangun Rumah Ibadah

Kompas.com - 19/09/2010, 11:18 WIB

BEKASI, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ramlan Hutahayan mengatakan, setiap umat beragama berhak membangun rumah ibadah. Semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, harus mendukung pembangunan rumah ibadah bagi semua agama.

"Hak mendirikan rumah ibadah harus menjadi perjuangan kita bersama," ucap Ramlan kepada para wartawan di salah satu rumah di Jalan Puyuh, Ciketing, Mustika Raya, Kota Bekasi, Minggu (19/9/2010).

Sebelumnya, Ramlan, beberapa pendeta, serta para pengurus Gereja HKBP Pondok Timur Indah memberikan pengarahan kepada ratusan jemaat. Sebelum pengarahan, mereka berdoa dengan dipimpin pendeta. Ibadah sesaat yang sebelumnya akan digelar tidak jadi dilaksanakan.

Ramlan yang khusus datang dari Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, membandingkan kondisi antarumat beragama di Tarutung yang saling berdampingan. "Enaknya bersekutu dengan umat beragama lain," katanya.

"Tadi saya sampaikan kepada jemaat apa yang mereka alami bagian dari berkat Tuhan. Kehadiran kita akan buat semua masalah ini lebih cepat selesai. Apa yang diperjuangkan jadi perhatian pemerintah," kata Ramlan.

Kepada para jemaat, Ramlan yang mewakili ephorus HKBP mengatakan, semua jemaat HKBP di dunia memberikan perhatian kepada HKBP Pondok Timur Indah. "Sinode telah meminta semua Gereja mendoakaan saudara di sini. Pada waktunya akan berdiri HKBP yang bernama Pondok Timur Indah," kata Ramlan disambut riuh tepuk tangan jemaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com