Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Serbu Pasar Murah

Kompas.com - 25/09/2010, 14:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari pertama penyelenggaraan Lebaran Betawi 2010 dimeriahkan dengan adanya pasar murah. Pengunjung memanfaatkan kesempatan ini untuk membeli bahan-bahan kebutuhan pokok dengan harga miring. Lebaran ala Betawi ini merupakan acara tahunan yang ketiga dan kali ini digelar di Sentra Primer Barat, Kembangan, Jakarta Barat.

Sebelumnya, acara tersebut pernah dihelat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada 2008 dan yang kedua diadakan di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, pada tahun lalu.

Dalam Lebaran Betawi kali ini, tersedia dua lapak pasar murah yang menjual minyak goreng serta paket kebutuhan pokok. Pemerintah Kota Jakarta Barat menyediakan 5.000 liter minyak goreng yang setiap liternya dijual seharga Rp 8.000. Adapun paket kebutuhan pokok disediakan oleh Hypermart. Paket ini berupa 1 liter minyak goreng, sebotol sirup, sebungkus kue kering, lima bungkus mi instan, satu kaleng sarden, satu kaleng susu cair.

"Harga normalnya Rp 40.000, di sini dijual Rp 20.000," kata Anhar, manajer pasar murah dari Hypermart.

Penjualan bahan-bahan kebutuhan pokok itu hanya dilakukan pada hari pertama penyelenggaraan Lebaran Betawi 2010 atau Sabtu (29/9/2010). "Besok sudah enggak ada lagi, makanya kami habiskan hari ini," kata Anhar seraya menunjuk tumpukan kardus-kardus mi instan yang belum terjual.

Pembeli yang ingin mendapatkan barang-barang murah itu harus menyerahkan kupon khusus yang disediakan oleh panitia. Panitia menyebarkan 2.500 kupon pembelian minyak goreng, satu kupon berlaku untuk pembelian dua liter minyak goreng. Adapun untuk pembelian paket bahan pokok, panitia menyediakan seribu kupon, satu kupon berlaku untuk pembelian satu paket bahan pokok.

"Saya dapat dua kupon, langsung saya pakai tadi," kata Siti (53), warga asal Tegal, Jawa Tengah, yang sehari-hari membuka warung makan di sekitar Sentra Primer Barat.

Selain pasar murah, acara tersebut juga diramaikan oleh aneka barang yang dijual di tenda-tenda khusus maupun digelar di area Sentra Primer Barat. Penjual makanan khas Betawi seperti kerak telor dan kue rangi paling banyak ditemui di tempat ini. Ada juga penjual yang menawarkan obat-obatan tradisional, aneka mainan anak-anak, hingga buku-buku mengenai seluk-beluk Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com