Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senangnya Foto Bareng Gubernur Bohongan

Kompas.com - 25/09/2010, 16:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu hal paling menarik pada Lebaran Betawi 2010 adalah studio foto di dekat pintu masuk. Di sini, pengunjung bisa berfoto bersama Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Yang difoto di situ sebetulnya bukan Fauzi Bowo asli, melainkan hanya foto yang dicetak dalam ukuran besar dan dipakai sebagai latar belakang dalam studio foto.

Di foto itu, Bang Fauzi, panggilan akrab Fauzi Bowo, tidak sendirian. Ia "ditemani" pula oleh tiga tokoh Badan Musyawarah Masyarakat (BAMUS) Betawi yang berjejer mengapitnya. Di sisi kiri Fauzi Bowo, ada Ketua Dewan Penasihat BAMUS Betawi Effendi Yusuf. Adapun di sebelah kanan berjejer Ketua Umum BAMUS Betawi Nachrowi Ramli dan Ketua Dewan Kehormatan BAMUS Betawi Eddie Nalapraya.

Foto keempat tokoh Betawi itu cukup untuk membuat belasan orang antre menunggu di luar studio foto berwujud tenda berukuran 3 x 3 meter tersebut. Bagaimana tidak laris, siapa pun yang ingin berfoto dengan orang nomor satu di Jakarta tidak dipungut biaya apa pun alias gratis. Pengunjung tinggal bergaya di depan foto Fauzi Bowo. Sekali jepret, hasilnya langsung dicetak dalam hitungan detik.

Pengunjung pun bisa membawa pulang selembar foto dirinya bersama "Fauzi Bowo" sebagai kenang-kenangan pernah mengunjungi Lebaran Betawi 2010. Mereka seolah sudah pernah bertemu langsung dengan Gubernur DKI dan berfoto bersama. "Pak, aku difoto lagi, dong. Sekarang bareng-bareng," teriak seorang anak kecil sambil menggandeng dua temannya.

"Boleh, tunggu ya. Antre," jawab penjaga stan studio foto tersebut.

Begitulah, warga yang antusias ingin berpose bareng tokoh-tokoh Betawi tadi dengan sabar menunggu giliran untuk difoto. Tidak hanya anak kecil, remaja dan orangtua pun rela antre demi bisa foto bersebelahan dengan Fauzi Bowo.

Kalau hasil fotonya kurang bagus, mereka diberi kesempatan lagi untuk mengulang ambil gambar. Mereka tidak dibatasi, sampai berapa kali boleh berfoto. "Secukupnya saja. Kertasnya cukup kok, tapi cuma sampai pukul 15.00," kata Deni Kosasih, pemilik In & Out Studio yang ditunjuk panitia Lebaran Betawi untuk sesi foto tersebut.

Meski Lebaran Betawi 2010 ini digelar hingga Minggu (26/9/2010), sesi foto bersama Fauzi Bowo itu hanya dibatasi pada hari ini saja. Pengunjung yang tak berkesempatan membuat foto itu bisa berkeliling area Sentra Primer Kembangan, Jakarta Barat, untuk menikmati beragam pameran mengenai kebudayaan Betawi di acara tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com