Enggak Hujan, Kok Banjir?

Kompas.com - 27/09/2010, 18:43 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com Warga di Jalan Pulo Raya, Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tidak menyangka jika genangan air di sekitar rumah mereka semakin tinggi. Pasalnya, tidak ada hujan pun lokasi tersebut tetap mendapat banjir kiriman.

Sampai pukul 15.00, Senin (27/9/2010), genangan air hingga setinggi 40 cm masih merendam rumah dan badan Jalan Pulo Raya. Setidaknya jalan-jalan di tiga wilayah di RW 01 masih tergenang, antara lain di RT 04, RT 05, dan RT 07.

Ketua RT 07 RW 01 Budi Eka mengatakan, air mulai naik sejak Minggu malam dan baru mulai surut pukul 10.00 pagi ini. "Kemarin siang udah surut. Malamnya naik lagi, malah ada yang sampai sepinggang. Enggak ada hujan, makanya warga kaget. Enggak nyangka bakal naik," kata Budi.

Karena genangan air masih tinggi, sebagian warga di lokasi tersebut memilih tetap berada di dalam rumah. Pemilik mobil sedan pun tak berani menerabas genangan air tersebut. Hanya beberapa pengendara sepeda motor yang terlihat nekat melewati jalan ini meskipun mesin kendaraan terendam air.

Walau demikian, kondisi ini tak membuat warga khawatir. Mereka sudah siap menghadapi luapan Kali Krukut yang terletak tak jauh dari rumah mereka. Budi mengungkapkan, sejauh ini warga mengetahui adanya luapan air melalui komunikasi antarwarga.

"Biasanya warga dari daerah yang lebih rendah (RW 02) sering ngasih tahu kalau airnya naik," katanya. Pada Februari 2007, kawasan ini juga terendam air hingga setinggi 2 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.