Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilukada Tangsel Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 12/11/2010, 20:15 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com  - Pencoblosan suara pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Tangerang Selatan, Sabtu (13/11), patut diwaspadai.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mensinyalir banyak persoalan serius yang bakal terjadi antara lain potensi bentrokan massa karena masalah daftar pemilih tetap (DPT) yang terus meruncing. Kemungkinan lain adalah kecurangan dalam perolehan suara.

"Pemilukada Tangsel ini baru pertama kali dilakukan. Ini dianggap serius mengingat cukup banyak masalah yang terjadi. Potensi-potensi ini harus diminimalisir agar Pemilukada jangan sampai harus diulang seperti daerah lain," kata Bambang Eka Tjahya, anggota Bawaslu usai Rapat Koordinasi Panwaslu Tangsel, Jumat (12/11).

Berdasarkan laporan yang diterima Bawaslu, kata Bambang, masalah DPT bisa menjadi bom waktu paska Pemilukada.

"Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, untuk satu kecamatan di Ciputat saja ada sekitar 10.000 orang yang tidak memperoleh formulir C6. Ini bisa menjadi pemicu persoalan," kata Bambang. Bambang mengimbau, seluruh jajaran Panwaslu tidak boleh tidur saat menjelang dan pada hari pencoblosan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com