Aksi Pita Merah di Bundaran HI

Kompas.com - 28/11/2010, 09:21 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Pita merah dengan ujung bersilang mewarnai aksi ratusan mahasiswa di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (28/11/2010). Sekitar 300 orang mahasiswa Universitas Indonesia, Universitas Atmajaya, dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah beraksi membangun kesadaran masyarakat akan bahaya HIV/AIDS. Mereka memasang pita merah, simbol anti HIV/AIDS di dada.

"Kita ingin memberi tahu masyarakat tentang adanya HIV/AIDS, supaya masyarakat lebih concern," ujar Sulaeman (19), mahasiswa Fakultas Kedokteran UI. Aksi pita merah digelar dalam rangka menyambut Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember.

Selain mengenakan pita merah, menurut Sulaeman, rencananya para mahasiswa akan membuat konfigurasi berbentuk pita merah di Bundaran HI. Mereka yang mengenakan kaus putih dan merah itu akan berbaris, membentuk formasi pita merah. Sekitar ratusan balon berwarna merah dan putih-pun akan dilepaskan sebagai simbol perlawanan terhadap HIV/AIDS.  "Kalau peduli AIDS, kita harus tunjukkan kepedulian kita dari sekarang," tambah Sulaeman.

Sebelum membentuk konfigurasi, ratusan mahasiswa itu menggelar jalan santai dari Universitas Atmajaya, Bendungan Hilir, hingga Bundaran HI. Mereka membagi-bagikan selebaran kampanye anti HIV/AIDS. Dalam selebaran yang dibagikan, tertulis, "170-210 ribu dari 220 juta jiwa penduduk Indonesia mengidap HIV/AIDS. Hingga kini, jumlah kematian akibat AIDS mencapai 5.500 jiwa. Hentikan penyebaran HIV/AIDS sekarang juga."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.