Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarik Wisatawan dari Singapura

Kompas.com - 31/12/2010, 06:03 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Wisatawan asing dari Singapura berpotensi ditarik berkunjung ke Jawa Tengah. Promosi mengenai potensi Jateng harus dioptimalkan karena ada sekitar 10 juta wisatawan asing yang mengunjungi Singapura setiap tahun.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Wardana, pada pertemuan dengan Gubernur Jateng Bibit Waluyo di Kota Semarang, Rabu (29/12/2010), mengungkapkan, dari 6,3 juta wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, sebanyak 1,2 juta di antaranya warga negara Singapura. Jumlah itu akan meningkat jika ditambah kunjungan para ekspatriat yang tinggal di Singapura yang jumlahnya juga sekitar 1,2 juta.

”Singapura memiliki arti strategis bagi industri pariwisata Indonesia sebab 10 juta wisatawan asing datang ke Singapura setiap tahun,” kata Wardana.

Wardana mengatakan, wisatawan dari berbagai belahan dunia itu berpotensi melanjutkan perjalanan ke Indonesia. Jika Indonesia bisa menarik 10 persennya saja, kunjungan wisatawan asing ke Indonesia akan meningkat signifikan. Apalagi, sudah banyak penerbangan langsung dari Singapura ke berbagai daerah di Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng, Maryanto mengakui, jumlah wisatawan asing dari Singapura yang mengunjungi Jateng sangat sedikit. Dari 1,2 juta warga Singapura yang ke Indonesia, hanya sekitar 24.000 yang berkunjung ke Jateng. ”Penerbangan dari Jateng ke Singapura dan sebaliknya, baik dari Solo maupun Semarang, lebih didominasi oleh TKI, bukan wisatawan,” ujar Maryanto.

Padahal, kedatangan wisatawan akan sangat mendorong investasi dan perdagangan di Jateng. Oleh karena itu, kata Wardana, potensi ini harus digarap intens.

Maryanto dalam kesempatan tersebut meminta apakah duta besar dapat membuka semacam tourist information centre di Kedutaan Besar RI di Singapura untuk mempromosikan potensi wisata di Jateng.

Wardana mengungkapkan, KBRI Singapura telah mendorong memfasilitasi pembuatan paket ”Joglo Semar” (Jogja-Solo-Semarang) untuk ditawarkan kepada para pelaku industri pariwisata di Jateng. Partisipasi Jateng dalam kegiatan promosi Enchanting Indonesia dan Chinggay Parade juga akan mendorong kunjungan wisatawan dari Singapura ke Jateng. (UTI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com