Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Segera Terapkan Standar Keamanan

Kompas.com - 04/01/2011, 17:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait aksi bunuh diri di pusat perbelanjaan di awal tahun 2011, Kepolisian Daerah Metro Jaya meminta pengelola gedung tinggi segera menerapkan standar keamanan untuk mencegah kemungkinan bunuh diri. Pada Selasa (4/1/2011) terjadi dua kasus bunuh diri di gedung tinggi.

"Segala upaya pencegahan harus dilakukan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Djafar kepada wartawan, Selasa.

Menurut Baharudin, standar keamanan yang dimaksudkan adalah pengamanan fisik maupun pengawasan satuan pengamanan. "Di gedung yang tinggi, misalnya di mal dipasang railing (susuran tangga), jadi pengunjung gedung tinggi aman dibatasi railing," ujarnya.

Sementara untuk pengawasan, lanjut Baharudin, setiap lantai gedung tinggi harus mendapat penjagaan ketat. Menurutnya, keinginan bunuh diri seseorang memang tidak mudah dideteksi. Namun, keinginan tersebut tidak boleh dibiarkan tersalurkan.

Seperti diberitakan, hari ini aksi bunuh diri di pusat perbelanjaan terjadi lagi di Gajah Mada Plaza, Jakarta Pusat. Kejadian serupa juga terjadi kemarin di Blok M Square, Jakarta Selatan. Menjelang tutup tahun 2010, seorang pria juga bunuh diri dengan menjatuhkan diri di Plaza FX, Jakarta Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com