Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Putaran di Koridor X Bikin Macet

Kompas.com - 04/01/2011, 20:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski telah resmi beroperasi sejak Jumat (31/12/2010) lalu, namun jalur koridor X (Cililitan-Tanjung Priok), khususnya yang berada di wilayah Jakarta Utara masih saja diserobot oleh kendaraan lain selain bus Transjakarta. Alhasil, kemacetan parah pun kerap terjadi di jalur ini, terutama pada saat jam-jam sibuk. Kondisi itu juga diperparah dengan keberadaan rambu lalu lintas serta separator yang terlihat belum optimal.

“Kendalanya ada pada masyarakat itu sendiri. Masyarakan sepertinya belum siap dengan dioperasikannya busway koridor X,” ujar Kompol Adhie Santika, Kasat Lantas Polres Jakarta Utara, Selasa (4/1/2011).

Dijelaskan Adhie, selain rendahnya disiplin masyarakat dalam berkendara serta belum sempurnanya rambu lalu lintas dan separator, kondisi lain yang menyebabkan kemacetan di jalur Koridor X yakni, adanya tiga putaran yang masing-masing terdapat di kawasan Sunter Podomoro, Plumpang dan kawasan Artha Gading.

Untuk itu, lanjut Adhie, ke depan pihaknya bersama instansi terkait akan memantau kondisi di ketiga putaran tersebut untuk mengurangi kemacetan yang terjadi. “Kami juga menyiapkan anggota kami untuk menjaga jalur bus Transjakarta agar tidak diserobot pengguna kendaraan lain,” katanya.

Mengenai masih banyaknya pelanggaran yang terjadi, Adhie mengatakan, hal itu sangat wajar dan dibutuhkan waktu untuk menyosialisasikannya agar para pengendara tertib berlalu lintas dengan tidak menyerobot jalur bus Transjakarta, khususnya yang terdapat di wilayah Jakarta Utara. Setelah sosialisasi dijalankan, Adhie berjanji baru akan menerapkan sanksi tilang bagi para pelanggar lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com