80 Museum Akan Direvitalisasi

Kompas.com - 10/02/2011, 08:58 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan merevitalisasi 80 museum pada tahun 2010-2014. Pada tahun 2010, sebanyak enam museum direvitalisasi. "Ada lima museum negeri, tadinya milik pusat. Namun karena otonomi daerah, museum dikasihkan ke provinsi. Satu lagi museum swasta, yaitu Museum TB Silalahi," kata Direktur Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Aurora Tambunan kepada Kompas.com, Rabu (9/2/2011).

Pemerintah memfasilitasi revitalisasi Museum TB Silalahi dari segi tata pamer dengan menganggarkan dana Rp 1 miliar. Menurut Aurora, museum tersebut merupakan museum etnologi. Dengan demikian, museum itu terpilih agar bisa menjadi contoh untuk museum-museum daerah lain.

Agenda berikutnya, Aurora melanjutkan, adalah mengembalikan koleksi kebudayaan-kebudayaan Batak di luar negeri untuk dimasukkan ke Museum TB Silalahi.

"Kami lakukan pendekatan pada museum di luar negeri yang memiliki koleksi dan bekerja sama untuk mengembalikan barang tersebut," katanya.

Menurut Aurora, upaya tersebut memungkinkan karena ia pernah melakukannya saat masih aktif di Pemprov DKI Jakarta.

"Saya pernah mengembalikan Wayang Revolusi dari museum di Rotterdam. Rotterdam dan Jakarta memang sister city. Dalam perjanjian, kata 'dikembalikan' disebut sebagai long term loan karena benda itu memang secara resmi menjadi koleksi milik Rotterdam. Mereka punya surat-surat resmi bahwa sudah membeli dari warga yang punya," ucapnya.

Karena itu, ia optimistis kejadian seperti itu bisa terulang. Pihaknya berencana pada tahun 2011 memulai pendekatan-pendekatan tersebut. Selain itu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata juga siap memfasilitasi museum-museum di daerah yang ingin mendapatkan kembali koleksi-koleksi budaya setempat yang berada di luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.