Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busway Larut Malam, 89 Petugas Siaga

Kompas.com - 18/03/2011, 12:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Transjakarta larut malam akan mulai beroperasi hari ini, Jumat (18/3/2011) di beberapa halte di koridor IX sepanjang Grogol-PGC2 (Pusat Grosir Cililitan). Jam operasional bus tersebut hingga pukul 24.00.

Larutnya jam operasi transjakarta di tengah Kota Jakarta yang mulai sepi dari aktivitas warga membuat faktor keamanan menjadi elemen penting. Lalu, bagaimana sistem keamanan transjakarta larut malam ini?

Kepala BLU Transjakarta M Akbar mengungkapkan, aspek keamanan dan keselamatan sudah dipikirkan. Ia menyebut, ada 89 petugas yang disiagakan. "Semua petugas itu terdiri dari patroli, on board dalam bis bertanggung jawab, petugas di loket, dan ada petugas kami yang mencatat keberangkatan di PGC," ujar Akbar, Jumat (18/3/2011) di Jakarta.

Ia mengutarakan, jumlah tersebut diperkirakan cukup untuk memberikan rasa aman selama di perjalanan. Pasalnya, jumlah penumpang yang diperkirakan menggunakan transjakarta pada larut malam tidak akan sebanyak penumpang di siang hari.

"Jumlah penumpang yang kami perkirakan, yakni 700 penumpang untuk rute dari dan menuju PGC2," ucap Akbar. Jumlah ini diperkirakan sama dengan penumpang pada pukul 21.00-22.00 WIB.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengungkapkan, pengadaan transjakarta larut malam dilakukan dengan perhitungan secermat mungkin. "Karena cost untuk mengadakan transjakarta larut malam ini sangat besar. Kami harus perhitungkan berapa petugas yang disiagakan dan armadanya bagaimana," ucap Pristono.

Sementara itu, menurut Akbar, pengoperasian transjakarta pada larut malam akan dievaluasi dalam satu bulan ini. "Evaluasi ini termasuk apakah akan ditambah rutenya atau ditambah waktunya," jelas dia.

Seperti diberitakan, mulai hari ini Transjakarta larut malam dioperasikan hingga pukul 24.00 di koridor IX mulai dari Grogol hingga PGC2. Namun, tidak semua halte melayani busway larut malam. Hanya 14 halte yang akan melayani operasi busway larut malam, yakni Cililitan/PGC2, Cawang UKI, Cawang Ciliwung, Pancoran Tugu, Kuningan Barat, Jamsostek Gatot Subroto, Semanggi, Slipi Petamburan, Slipi Kemanggisan, RS Harapan Kita, Tomang Central Park, Grogol 2, Penjaringan, dan Pluit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com