Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompleks Sekolah Harus Dipertimbangkan

Kompas.com - 21/03/2011, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penutupan sementara ruas Jalan Casablanca dan Prof Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan karena proyek pembangunan jalan layang (fly over) non-jalan tol, mengundang tanggapan sejumlah guru dan orangtua/wali murid. Mereka meminta pihak terkait untuk mengutamakan akses ke kompleks persekolahan.

"Keselamatan anak mungkin penting dipertimbangkan. Kami sebagai orangtua pasti khawatir akan keselamatan anak kami jika tidak bisa mengantar sampai depan gerbang sekolah," kata Ari, Senin (21/3/2011) siang.

Ari adalah salah satu orangtua siswa SD Pelita Hati. SD ini berlokasi di Jalan Prof Dr Satrio 235, Jakarta Selatan. Saat ditemui Kompas.com dia sedang menjemput anaknya. Ia mengaku sudah mendengar informasi akan adanya penutupan jalur tersebut dari sebuah surat kabar. Yang belum diketahuinya adalah jalur alternatif pengganti Jalan Dr Satrio. Namun, dia berharap akses menuju sekolah diberi kelonggaran.

Menurut Ari, sangat berisiko jika harus membiarkan anak-anak TK dan SD di persekolahan Pelita Hati berjalan terlalu jauh untuk menuju ke sekolahnya karena penutupan ruas jalan. Bukan hanya kemungkinan kecelakaan lalu lintas yang dikhawatirkannya, tapi juga tindak kejahatan lain, seperti penculikan anak sekolah.

Rita, guru SD Menteng Dalam 01 Pagi yang terletak di Jalan Casablanca, Jakarta Selatan, berpikiran senada. "Keselamatan anak-anak perlu diprioritaskan. Jangan sampai mereka harus berjalan terlalu jauh untuk mencari angkutan umum saat pulang (sekolah)," kata Rita saat ditemui di ruang guru.

Dia mengusulkan, penutupan jalur bisa ditentukan pada jam-jam tertentu saja. Misalnya, setelah pukul 6.30 WIB, setelah anak-anak berada di sekolah. Alasannya, demi mengatasi kemacetan Jakarta, jam masuk sekolah telah dimajukan ke pukul 06.30. Untuk itu, kali ini anak sekolah, khususnya SD perlu diprioritaskan. "Contohnya, jam pengalihan arus dari Jalan Casablanca berlaku setelah pukul 06.30," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, ruas jalan yang dilalui proyek jalan layang non tol akan ditutup sementara. Pengalihan ini bertujuan untuk memperlancar pembangun fly over yang menghubungkan Kampung Melayu hingga Jalan Sudirman. Jalur- jalur alternatif pengalihan saat ini sedang dipelajari oleh Dinas Perhubungan DKI dan Ditlantas Polda Metro Jaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com