Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksi Ba'asyir Akui Pernah Disiksa

Kompas.com - 24/03/2011, 17:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Saksi kedua dalam persidangan terdakwa terorisme Abu Bakar Ba'asyir, Joko Sulistyo, mengaku pernah mendapatkan siksaan dari aparat ketika ditangkap saat mengikuti pelatihan militer di Jalin Jantho, Aceh. Hal tersebut ia ungkapkan ketika menjawab pertanyaan Ba'asyir yang diberi kesempatan bertanya oleh hakim dalam sidang tersebut.

"Apakah saat penangkapan di Aceh Anda pernah disiksa lahir maupun batin?" tanya Ba'asyir dalam persidangan yang berlangsung di PN Jakarta Selatan, Kamis (24/3/2011).

"Iya, pernah," kata Joko, menjawab pertanyaan Ba'asyir.

Dalam kesaksiannya, Joko mengaku bahwa pelatihan tadrib militer di Aceh tidak pernah mendapat keluhan dari masyarakat setempat. "Kami di atas, jauh dari kampung atau desa terpencil yang di dekat hutan. Malah beberapa waktu itu ada yang memberikan bahan makanan ke kita," jelas Joko.

Selain itu, Joko juga menuturkan, dirinya bersama Ubaid berangkat dari Solo menuju ke Jakarta untuk bertemu Dulmatin dan menyerahkan uang senilai total Rp 100 juta dan 5.000 dollar AS untuk pembelian peralatan dan amunisi. Namun, dirinya tidak tahu mengenai proses penyerahan tersebut.

"Tapi, proses penyerahannya saya tidak tahu," kata Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com