Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 April, Jakarta Kembali Matikan Lampu

Kompas.com - 27/04/2011, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerakan hemat energi kembali diadakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Setelah pada 26 Maret lalu, DKI memperingati "Earth Hour" dengan mematikan lampu dan listrik, kali ini DKI menggelar acara serupa yang disebut Gerakan Jakarta Hemat Energi. Gerakan Jakarta hemat energi ini juga menjadi salah satu upaya memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April. Gerakan Jakarta hemat energi akan dilaksanakan pada Jumat (29/4/2011) pukul 20.00-21.00.

"Sebagai tindak lanjut Earth Hour, kami juga memanfaatkan hari lingkungan di tingkat internasional. Menggunakannya untuk mengajak warga DKI bermanfaat untuk lingkungan dengan kegiatan hemat energi melalui memadamkan lampu dalam satu jam," ungkap Gubernur DKI, Fauzi Bowo, Rabu (27/4/2011), di Balai Kota, Jakarta.

Dalam pelaksanaan Earth Hour sebelumnya, DKI berhasil hemat sebanyak 170 mega watt. Namun, untuk Gerakan Jakarta Earth Hour ini, pemprov masih belum mencanangkan target.

Ketua Harian Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO di Kementerian Pendidikan Nasional, Arif Rahman, menuturkan, ada empat hal penting yang terkandung dalam kegiatan hemat energi ini. Pertama, hak bumi jangan sampai dilupakan selain hak manusia.

"Bumi juga memiliki hak untuk dapat kondisi yang lebih baik. Hak antara manusia dan bumi ini harus seimbang," ucap Arif.

Kedua, adanya komitmen untuk terus melakukan aktivitas hemat energi dalam kehidupan sehari-hari. Keterkaitan manusia dengan bumi harus terus ditingkatkan. Ketiga, setiap RT dan RW harus memiliki program dan action plan untuk meneruskan aksi hemat energi. Keempat, perlu adanya monitoring dan evaluasi program.

"Melalui monitoring itu kami bisa melihat bagaimana reaksi perusahaan terhadap pemadaman ini. Bagaiman tanggapan warga soal ini. Perlu ada kerelaan warga untuk mengatur dirinya sendiri di dalam gelap," kata Arif.

Lokasi pemadaman lampu di DKI dalam rangka Hari Bumi 2011 ini :

Jakarta Utara

- Kantor Pemerintahan: komplek kantor wali kota dan seluruh kantor camat (6 lokasi)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com