Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Olah Es Krim Jadi Mocktail!

Kompas.com - 29/04/2011, 08:23 WIB

KOMPAS.com - Es krim stik ternyata bisa diolah menjadi minuman segar, contohnya mocktail. Mocktail dikenal sebagai aneka minuman ringan (tanpa alkohol) yang dikonsumsi seusai makan. Teknik mencampur minuman menjadi mocktail dinamakan Mixology. Teknik ini sebenarnya tidak sulit dan bisa dipelajari dengan cepat. Hal ini dibuktikan Santos, Mixologust Magnum Café saat mempraktekkan Mixology dalam acara "Magnum La Festa Italiana" di Magnum Café, Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2011) lalu.

"Yang terpenting (saat membuat mocktail), mengetahui bagaimana memadukan berbagai jenis minuman dan buah agar pas. Selain itu diperlukan pengetahuan tentang berat jenis buah untuk mendapatkan mocktail dengan tampilan warna yang cantik," ungkap Santos.

Empat jenis menu Mocktail a la Italia yang didemokan Santos adalah Summer Tango, Queen of Hearts, Prince Charming, dan Magic Mocha. Queen of Hearts adalah padanan Magnum Almond Ice Cream dengan buah strawberry segar dan di-topping dengan dark chocolate syrup. Prince Charming terbuat dari Magnum Chocolate Truffle Ice Cream dicampur dengan majito syrup dan chocolate truffles. Magic Mocha, yaitu Magnum Chocolate Truffle yang dihancurkan dan dicampur dengan espresso dan lelehan chocolate syrup. Sedangkan Summer Tango merupakan kombinasi Magnum Almond Ice Cream dengan buah mangga segar dan dark chocolate chips.

Cara membuat mocktail ini cukup mudah. Bahan-bahan yang sudah disiapkan sesuai menu, dimasukkan ke dalam blender khusus mocktail. Blender akan otomatis berhenti jika bahan minuman sudah halus. Namun, jika Anda tidak memiliki blender khusus mocktail ini, Anda bisa menggunakan blender biasa. Blender seluruh bahan selama lebih kurang satu menit, lalu hidangkan dengan berbagai topping, bisa berupa buah atau cokelat.

Anda juga bisa berkreasi sesuai imajinasi Anda di rumah, mencampur es krim tertentu dengan buah kesukaan Anda, atau dengan caramel maupun espresso. Anda hanya perlu mempertimbangkan unsur rasa pada buah yang hendak Anda masukkan ke dalam es krim, apakah bertolak belakang, menambah cita rasa, atau membuatnya menjadi ekstrim namun segar.

Warna juga bisa menjadi pertimbangan. Misalnya Anda menginginkan warna pink pada mocktail, gunakan strawberry. Jika ingin warna hijau, gunakan mangga. Es krim cokelat sekalipun akan berubah warna sesuai buah atau bahan lain yang ditambah. Untuk rasa, tak diragukan lagi, mocktail adalah pilihan tepat minuman usai Anda melahap makanan. Menyenangkan bukan? Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com