Setelah 5 Tahun, SMA 6 Lulus 100 Persen

Kompas.com - 16/05/2011, 15:59 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil ujian nasional tahun ajaran tahun ini sangat menggembirakan bagi SMA Negeri 6 yang terletak di Jalan Mahakam, Jakarta Selatan. Pasalnya, setelah lima tahun UN berjalan, baru tahun ini SMAN 6 berhasil lulus 100 persen.

"Kami merasa bersyukur karena lima tahun terakhir sekolah kami tidak sampai 100 persen, tetapi akhirnya tahun ini 100 persen juga. Senang sudah pasti dan bangga sekali pada prestasi anak-anak kami," kata guru SMA N 6, Rosianto, kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (16/5/2011).

Rosianto mengakui, tidak ada langkah-langkah khusus menjelang UN tahun ini. Semua persiapan dilakukan seperti pada tahun-tahun lalu. Kelas tambahan menjelang UN dan try out dilakukan berulang kali agar siswa siap tempur saat UN.

"Ada lima sampai enam kali try out yang dilakukan oleh sekolah dan bekerja sama dengan bimbingan belajar. Kami juga selalu siap menerima murid yang ingin memperdalam tentang pelajaran di luar jam sekolah dan itu tidak dipungut bayaran," kata Rosianto. 

Ia mengatakan, perubahan ketentuan UN tahun ini mengenai tidak adanya UN ulangan dinilai memiliki peran dalam kelulusan anak didiknya. Seperti diketahui, bagi siswa yang tidak lulus UN tidak diberi kesempatan UN ulangan, tetapi harus mengikuti ujian kejar Paket C atau mengulang tahun depan.

"Ketentuan itu tampaknya memotivasi anak-anak untuk belajar dengan keras dan lulus agar tidak mengulang. Tahun lalu ada delapan anak tidak lulus. Tetapi setelah ikut ujian ulangan, mereka lulus semua," ujar Rosianto.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, jumlah nilai rata-rata UN program IPA SMA N 6 dari 190 siswa adalah 46,31. Dengan rincian, rata-rata nilai Bahasa Indonesia 8,29, Bahasa Inggris 8,26, Matematika hanya 7,34, Fisika 7,35, Kimia 7,39, serta Biologi sebesar 7,68.

Adapun untuk program IPS, nilai rata-rata UN SMAN 6 dari 150 siswa adalah 47,65. Dengan rincian, Bahasa Indonesia memperoleh 8,21, Bahasa Inggris 8,14, Matematika 8,11, Ekonomi hanya 7,66, Sosiologi 8,06, dan Geografi hanya 7,47.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.